Kegiatan


Pembukaan Rakernas FKPT ke VIII di NTT

Labuan Bajo, FKPT Babel – FKPT Bangka Belitung  mengikuti kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) ke – VIII tahun 2021 yang dilaksanakan dari tanggal 2-5 Maret 2021 di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan mengangkat tema “Kolaborasi untuk Indonesia”. Kegiatan ini dibuka oleh Ketua Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Komjen Boy Rafly Amar di Hotel Laprima, Selasa malam, 2 Maret 2021.

Rakernas FKPT yang mengangkat tema “Kolaborasi untuk Indonesia” itu dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Program Kegiatan Direktorat Pencegahan BNPT tahun anggaran 2021 yang dilaksanakan oleh Subdit Pemberdayaan Masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh enam orang setiap Pengurus FKPT dari 32 Provinsi se-Indonesia, yang dilaksanakan dalam bentuk offline dan online dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar dalam sambutannya yang dihadiri oleh Kapolda NTT Irjen Pol Lotharia Latif, Bupati Manggarai Barat Editasius Endi dan tamu undangan lain. Menyampaikan apresiasi meski kondisi ditengah pandemi, tidak membuat kita diam saja, melainkan menyesuaikan diri untuk tetap beraktifitas, mempererat silaturahmi, berbagi empati dan kepedulian, yang pada gilirannya akan memperkuat solidaritas kebangsaan. Aktifitas – aktifitas di tengah pandemi dengan protokol kesehatan ini merupakan manifestasi dari arahan Bapak Presiden RI untuk kita berdamai dengan corona. Maksudnya, mau tidak mau kita harus hidup berdampingan dengan virus yang belum hilang, sementara program vaksinasi baru saja dimulai. Bukan berarti menyerah, namun lebih kepada menyiasati situasi. Adaptasi adalah kunci seperti pelaksanaan kegiatan Rakernas ini yang dilakukan dengan menyesuaikan anjuran Pemerintah dengan mengurangi jumlah Peserta dan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam pelaksanaannya.

Beliau juga menyampaikan bahwa aksi terorisme adalah fenomena di hilir. Adapun hulunya adalah kebencian, intoleransi dan radikalisme. Oleh karena itu, selalu selalu ditekankan pentingnya sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan tokoh masyarakat, untuk terus mendengungkan narasi damai, cinta tanah air dan sesama serta wawasan kebangsaan sebagai antidote atau vaksin virus radikalisme, baik secara offline maupun online.

Pelaksanaan Rakernas Tahun 2021 ini diadakan di Labuan Bajo, NTT sebagai bentuk kesetaraan dalam penentuan tuan rumah berbasis Zonasi/Wilayah dimana tuan rumah Rakernas FKPT Tahun 2020 adalah DKI Jakarta yang mewakili wilayah barat, tuan rumah Rakornas FKPT tahun 2020 adalah Bali yang mewakili Wilayah Tengah dan tuan rumah Rakernas FKPT tahun 2021 adalah Nusa Tenggara Timur yang mewakili wilayah timur.