Kegiatan


Kita Indonesia

Bangka Tengah- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Republik Indonesia melalui Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melaksanakan kegiatan Pelibatan Masyarakat dalam pencegahan terorisme melalui FKPT Bangka Belitung bidang Pemuda dan Pendidikan yang dilaksanakan di Hotel Aston Soll Marina Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (15/10/2020)
Kegiatan ini diikuti sekitar 80 peserta yang terdiri dari Guru Pendamping dan Pelajar SMA/Sederajat se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan dibuka oleh Gubernur Kepulauan Bangka Belitung yang diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung M, Soleh. Turut hadir pada kegiatan tersebut Kasi Partisipasi Masyarakat BNPT Letkol Laut Setyo Pranowo SH MM, Kapolres Bangka Tengah, AKBP Slamet Adi Purnomo dan Praktisi Film Swastika Nohara.
Ketua FKPT Babel, Sri Wahyuni AR mengingatkan, meskipun dalam kondisi pandemi Covid-19, kita tidak boleh lengah terhadap perkembangan paham radikal yang sangat memprihatinkan. Karena saat ini penyebaran paham radikal tidak hanya melalui tatap muka, tetapi sudah melalui media sosial. Seperti yang kita ketahui saat ini kegiatan belajar mengajar menggunakan media yang kita sebut hand phone. Oleh karena itulah BNPT melalui FKPT memandang penting aspek pendekatan yang bersifat lunak dalam upaya pencegahan kontra intoleransi, radikalisasi dan terorisme melalui lomba video pendek. Kita berharap para pelajar SMA/sederajat kita ini dapat melakukan hal-hal positif dan menjadi tangguh dalam membentangi diri dan membiasakan para pemuda/pelajar agar dapat menyikapi semua perbedaan, karena perbedaan adalah hal yang lumrah dan sebagai kekayaan bangsa. Beliau juga mengungkapkan sejak tahun 2016 sampai dengan sekarang pelajar dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selalu masuk nominasi di level nasional karena itu kita harus tetap semangat dalam berkarya agar tradisi juara tetap dipertahankan.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Soleh mengapresiasi kegiatan FKPT Bangka Belitung yang melibatkan pelajar dalam mencegah radikalisme dan terorisme. Saat ini ada sebagian sekolah yang melaksanakan kegiatan belajar dan mengajar  dengan tatap muka dan daring. Beliau juga menyampaikan kepada perwakilan sekolah agar mengikuti lomba video pendek untuk menumbuhkan semangat nasionalisme di kalangan pelajar, lomba video pendek ini juga bisa jadi upaya meningkatkan keterampilan pelajar saat pandemi ini.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari para narasumber antara lain Letkol Laut Setyo Pranowo dengan tema “Kebijakan Strategi Pencegahan Terorisme di Kalangan Pemuda/Pelajar”, Muhammad Ansori dengan tema “Penguatan Kapasitas dan Aktivasi Peran Pemuda dalam Pencegahan Radikalisme dan Terorisme” dan Swastika Nohara dengan tema “Bedah Film Terbaik BVIFEST”.